Home » » Foto Awan Berdoa Pada Pemakaman Uje Adalah Hoax

Foto Awan Berdoa Pada Pemakaman Uje Adalah Hoax

Written By admin on Minggu, 28 April 2013 | 20.00

 


(http://berita.muslim-menjawab.com) Pasca meninggalnya Ustadz Jefri al Buchori alias Uje beredar foto awan mirip orang yang berdoa,yang diklaim keberadaannya pada saat pemakaman Ustadz Jefry Al Bukhory alias Uje beredar di media nasional dan di sosial media, penulis sendiri sudah mengetahui sejak kemarin. tetapi tentu saja penulis tidak tergesa gesa untuk menshare berita tersebut ataupun menyimpulkan tentang berita tersebut.

pada pagi ini, Liputan 6 menginformasikan bahwa foto tersebut diklaim hoax, oleh seorang foto grafer Hanindita Setiadji yang mengaku sebagai pemilik foto, dirinya mengambil gambar itu sendiri pada 8 Maret 2013.

berikut berita yang disampaikan liputan6


Fenomena alam yang terjadi pada saat pemakaman Ustad Jefri al Buchori alias Uje, yaitu awan yang membentuk gambar orang berdoa diklaim hoax.

Menurut Hanindita Setiadji yang mengaku sebagai pemilik foto, dirinya mengambil gambar itu sendiri pada 8 Maret 2013. Saat dihubungi via telepon oleh Liputan6.com, dia mengungkapkan, foto itu diambilnya di atas area kolam renang di kawasan Citos (Cilandak Town Square), Jakarta Selatan sekitar pukul 18.00 WIB.

Tata, begitu dirinya akrab disapa hanya tidak ingin terjadi pembohongan publik secara besar-besaran. Dalam akun jejaring sosialnya, Tata menuturkan keheranannya melihat foto yang sama beredar luas di beberapa media nasional.

Ia pun mengakui bahwa dirinya memang mengizinkan teman-teman yang minta izin untuk men-share postingan foto beserta caption-nya tersebut ke media sosial mereka.

"Jika kemudian foto yang saya posting ini muncul di mana-mana disertai dengan pemberitaan yang tidak benar dan tanpa izin saya selaku pemilik foto ini, tentunya dapat diasumsikan menjadi sebuah kebohongan publik," kata pemilik akun @mbakta di Twitter tersebut.

dengan membaca berita tersebut, penulis mencoba melakukan penelusuran awal dengan mengecek akun twitter fotografer tersebut.

dan hasil penelusuran menemukan postingannya tertanggal 9 maret 2013 yang menyampaikan :

9 Mar
Even the cloud is praying.(I took this beautiful sunset scenery photo on Friday, 8 March 2013,6PM-at Citos).
berikut ini screenshootnya :
setelah melihat sendiri postingan tersebut,maka penulis menyimpulkan bahwa klaim foto awan yang berdoa saat pemakaman Ustadz Jefry Al Bukhory adalah HOAX /BOHONG.

sebagai muslim kembali mengingatkan kepada diri sendiri dan saudara saudara seiman tentang firman Allah Subhanahu wa ta'ala :

ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Herbal Website | Blogger Information | Template
Copyright © 2011. Blogger Information Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Template
Proudly powered by Blogger